Tiga Agenda RI dalam Pertemuan Menteri Kesehatan G20 di India

Berita, Informasi

DINKES KAIMANA –  Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam menyampaikan peran Indonesia dalam memberikan dukungan dan arahan pada Keketuaan G20 India tahun ini dalam sambutannya,  pada hari senin (21/08/2023 ), di New Delhi India, beliau menekankan bahwa para Menkes G20 India memiliki kesempatan secara bersama-sama melakukan perubahan untuk membangun Global Health Systems For a Better & Healthier World.


“Untuk itu, Indonesia akan terus memberikan kontribusi dan kepemimpinannya di tingkat Global dan Regional. Meminjam filosofi Mahatma Gandhi bahwa kita tidak harus menunggu apa yang orang lain kerjakan bila ingin membuat perubahan,” ungkap Budi dalam keterangan tertulis,

Dalam kegiatan G20 di New Delhi India, Indonesia gencar memajukan tiga agenda di bidang kesehatan yakni :

Pertama, Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023 memajukan Deklarasi One Health dan terus melakukan operasionalisasi konsep One Health tersebut dalam aksi nyata. Operasionalisasi konsep yang dimaksud ialah Integrated One Health Surveillance melalui identifikasi 10 hewan dengan 10 patogennya yang berpotensi menular ke manusia dan mengakibatkan kedaruratan kesehatan. Upaya tersebut dilakukan untuk mencegah pathogen spillover, sehingga kawasan dan komunitas global lebih aman dari potensi pandemi. Upaya tersebut dinilai penting mengingat Indonesia merupakan negara yang kaya akan biodiversity.

Kedua, menindaklanjuti hasil G20 Health Ministers di Indonesia. Budi menyebut Indonesia terus memajukan mechanism of Global Medical Countermeasures Platform sebagai pengganti ACT-A. Selain itu, ia juga mendorong negara maju dalam G20 untuk terus membantu negara berkembang anggota G20 untuk riset dan pengembangan manufaktur vaksin, obat, dan alat diagnosis.

Ketiga, Indonesia mendorong inovasi dan digital solusi dalam bidang kesehatan, termasuk penerapan teknologi baru dan kecerdasan intelegen. Upaya tersebut dilakukan guna meningkatkan layanan kesehatan melalui perluasan akses, peningkatan kualitas layanan, dan integrasi sistem informasi kesehatan.

Lebih lanjut Menkes Budi menekankan agar inisiatif digital yang dimajukan G20 tidak berdiri masing-masing. Sayangnya, saat ini inisiatif yang ada sangat terfragmentasi dan tidak ada yang memajukan standardisasi data. Untuk itu Indonesia Mendukung adanya Global Initiative on Digital Health to democratize digital technology, converge efforts and investment in the digital health space globally.

Sebagai informasi, selama di Gujarat, Budi akan melakukan pertemuan bilateral dengansejumlah menteri kesehatan di antaranya Menteri Kesehatan Belanda, Australia, India, Inggris, Brazil, dan EU. Menkes RI beserta delegasi RI juga melakukan pertemuan dengan para pimpinan organisasi bidang kesehatan internasional seperti WHO, FIND, Gavi, BMGF, CEPI. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan kerja sama kesehatan konkret untuk layanan kesehatan yang lebih baik untuk masyarakat, termasuk layanan primer.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *